Analisis metafora dalam kumpulan lagu-lagu telaah semantik pragmatik

  • Admin stitmubo
Keywords: lagu Ebiet G Ade, metafor, semantik, pragmatik

Abstract

Penelitian ini akan membahas bagaimana wujud stilistika tuturan metafora dan bagaimana maksud wujud tuturan metaforis yang direpresentasikan lagu-lagu Ebit G. Ade dari perspektif semantik pragmatik. Tujuannya adalah mendeskripsikan wujud tuturan metaforis dengan cara menganalisisnya perbait dan mengelaborasikan maksud wujud tuturan metaforis dari perspektif semantik pragmatik. Penelitian kualitatif ini merupakan studi yang mencakup penggunaaan dan pengumpulan berbagai data empirik.

Penelitian ini berpendekatan analisis wacana dengan menggunakan analisis teori metafora. Instrumen Penelitian ini adalah peneliti itu sendiri yang merupakan subjek dan pelaku langsung yang akan sangat menentukan kualitas rancangan, teori, analisis dan kesimpulan yang tepat. Penelitian ini diterapkan pada lagu-lagu Ebiet G. Ade : Nyanyian Ombak dan Dia Lelaki Ilham dari Surga sebagai sumber data dan sekaligus sebagai data. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara pembacaan intensif, wawancara dengan pakar, pencatatan data, dihimpun dan selanjutnya dianalisa dan dideskripsikan sesuai dengan fokus masalah yang sedang dianalisis.

Teknik analisa data dilakukan dengan cara pembacaan intensif ditelaah dari lagu-lagu Ebiet G. Ade, secara pembacaan semiotik, heuristik, hermeneutik dan retroaktif disempurnakan dengan fragmentasi, penyajian, diskusi dan elaborasi dan pengintepretasian yang selanjutnya dideskripsikan dan disimpulkan, jadi tidak melalui uji hipotesa. Penelitian ini menghasilkan bentuk metafora serta maksud secara semapragmatik lagu-lagu Ebiet G Ade yang diteliti.

Author Biography

Admin stitmubo

Journal-Nya Kampus STIT-Mubo

Published
2020-04-06